Tuesday 25 December 2012

Tips Modifikasi Kaki2 dan Aksesoris untuk ALTO

Selamat pagi sahabat2... berikut saya sampaikan beberapa tips utk beberapa kendaraan yg ingin diubah menjadi tampilan ALTO... -TARUNA ==>>utk tampil ALTO atau CITY ALTO di kendaraan Daihatsu Taruna.. ada yg cukup murah meriah.. tetapi ban yg digunakan pun tidak terlalu besar.. seperti menggunakan ban 235/70 AT R15 atau 235/75 MT R15 atau yg besarnya serupa... pada kaki2 depan bisa hanya dengan menaikan mangkok per.. sedangkan utk yg belakang bisa diganjal menggunakan karet... namun tdk direkomendasikan menggunakan ganjalan karet kr akan membahayakan.. usahakan dengan mengganti per dan shok yg lebih panjang... namun sedikit penyesuaian pad bumper bagian depan harus dipapas dan sisi belakangnya dilipat agar ban tdk mentok saat belok... estimasi pengerjaannya jika per+shok menggunakan bekas di toko per,, total skitar 600-700rb utk parts + jasa... adapun hasil yg bisa didapatkan seperti gbr dibawah.. utk kategori ALTO utk aksesoris pendukung hanya butuh over fender saja, ataupun tanpa overfender juga masih okeh,, biaya pembuatan overfender yg biasa 1jtan. yg okeh 1.7 - 2.2jt
dan untuk kategori CITY ALTO
city alto lebih mengedepankan penggunaan velg OEM kendaraan lain yg SUV dan Jeep. ==>>utk tampil ALTO ADVENTURE atau EXTREM pada kendaraan daihatsu Taruna ada cara yg lumrah tetapi biaya akan cukup menguras kantong.. pada kaki2 depan bisa diganjal dengan menggunakan ganjel besi dengan range harga 5cm - 7cm dengan harga sekitar 500-600rb an. namun sangat disarankan untuk mengganti per depan, agar mendapatkan kekuatan pada ayunan per, dan agar tdk limbung dan kaki belakang tetap mengganti per dan shok yyg lebih panjang... pada tahap ini biasanya menggunakan Per2 bawaan mobil eropa atau jepang lainnya yg lingkar per nya sama dan terbilang tdk akan melenting.. namun smua ada konsekwensinya.. memang cara paling enak adalah membeli paket kaki2 yg sudah teruji di mobil taruna sebelumnya sehingga bisa mendapatkan review dari pemakai sebelumnya,,
adapun penambahan bisa ditambahkan lampu atas, atau roofrack, tanduk depan. towing, sidebar, dan part lainnya... jika ingin membangun kaki2 baru biasanya butuh waktu 2 atau 3 kali balik ke bengkel untuk bisa mendapatkan ayunan yg sempurna sesuai selera..

Sunday 23 December 2012

ALTO with attitude...

Jika terakhir konsep yg saya usung di april kemarin adalah Big Rims... sejak september kemarin sudah berubah lagi... konsep nya masih sama menggunakan kaki2 saat menggunakan velg Ring 22.. namun perubahan hanya di ban dan velg... Velg yang digunakan adalah replika Cragar... dan untuk ban saya memilih Forceum 235/75 R15 M/T.. sekedar ingin tetap ALTO, namun tetap nyaman jika berpergian, menimbang saat ini sang nyonya sedang mengandun anak kedua saya... alhasil setelah di ubah, dicoba lha kita road trip ke Yogya.. alhamdulillah... lancar. nyaman dan takjub.
alasan memilih velg ini dikarenakan penggunaan ban yg lebarnya hanya 235, agar tdk terlalu ngembung, lalu dengan offset 0 agar bibir ban tidak terlalu keluar melampaui bibi overfender... namun sayangnya berat velg ini masih sedikit lebih berat jika dibandingkan dengan replika DC atau MT.... namun berbagai pertimbangan diambil dengan curhat ke beberapa temen.. akhirnya velg ini lah yg terpilih... tdk terlalu berat agar maticnya masih bertenaga..
akhirnya sampai ke pada bagian yg seru.. test drive di jalanan yg notabene tanah merah dan air... hehe sempet ada kegiatan bareng temen2 TO utk foto2 pembuatan kalender TO,,, pointnya sih, ban MT meski kecil masih okeh banget buat fun offroad.. tdk perlu tinggi2 juga.. tp memang semua kembali ke selera owners nya... apapun tampilan mobilnya... jika kita enjoy pasti tetep mantab rasanya... demikian sedikit ulasan saya ttg si hejo dari bekasi dengan plat F ini.. semoga bermanfaat..
salam 2WD Spiritttttttttt..........